Perbedaan Burung Parkit Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina 


Perbedaan Burung Parkit Jantan Dan Betina, Burung parkit belakangan ini mulai di buru para pencinta burung. Disamping memiliki warna bulu yang indah, Burung Parkit juga sangat mudah sekali untuk di ternak. Sekarang ini banyak orang yang melihat peluang berternak burung parkit.

Nah salah satu hal yang harus anda miliki dalam berternak Burung Parkit adalah membedakan Parkit Jantan Dan Parkit Betina. Memang kalau kita lihat sepintas, parkit jantan dan betina tidak ada bedanya. namun kalau kita jeli ada beberapa hal yang membedakan antara parkit jantan dan betina. Terutama dilihat dari fisik dan tingkah laku burung itu sendiri.

Nah disini kami akan berbagi sedikit informasi tentang cara membedakan parkit jantan dan betina. Dengan informasi ini diharapan bisa anda jadikan modal dalam berternak burung parkit. Berikut ini beberapa ciri yang harus anda ketahui.

Cara Membedakan Burung Parkit Jantan dan Betina
1. Dilihat Dari Lubang Hidung
Nah salah satu ciri yang bisa kita lihat adalah dari lubang hidungnya. Bisa anda perhatikan, burung parkit yang sudah berumur di atas 3-4 bulan memiliki warna yang berbeda. Parkit Jantan memiliki lubang hidung dengan warna kebiru biruan.  Sedangkan Parkit Betina memiliki warna putih atau coklat muda. Nah untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Cara Membedakan Burung Parkit Jantan dan Betina
Parkit Jantan dan Betina
Ket: Burung Parkit Biru == Jantan
        Burung Parkit Kuning == Betina

2. Dilihat Dari Kicauan
Salah satu cara lain untuk membedakan parkit jantan dan betina adalah dengan mendengarkan kicauannya. Kalau kita amati burung jantan lebih agresif dan sering berkicau. Hal ini dilakukan untuk menarik pasangannya yaitu parkit betina. Sedangkan parkit betina lebih pasif .

3. Dilihat Dari Tingkah Lakuknya
Yang membedakan lagi antara parkit jantan dan betina adalah tingkah lakunya. Kalau kita perhatikan tingkah laku parkit jantan ini sering menyuplai makanan ke parkit betina. Hal ini tidak dilakukan oleh parkit betina.

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina. Selain anda harus bisa membedakannya, anda harus bisa juga mengenali Jenis Parkit ini. Dengan begitu wawasan anda tentang burung parkit akan bertambah.